Wikipedia

Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Florida, Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata Wiki dan ensiklopedia. Wikipedia dirilis pada 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan untuk khalayak umum.

SejarahSunting

 
Wikipedia bermula dari proyek ensiklopedia lain, Nupedia (Nupedia.com the free encyclopedia)

Wikipedia berawal sebagai proyek sampingan Nupedia berupa ensiklopedia bebas daring yang artikelnya ditulis oleh para ahli. Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia. Kemudian pada 15 Januari 2001, Wikipedia secara resmi diluncurkan di situs web www.wikipedia.com.

Selayang pandangSunting

 
DVD Wikipedia

Berikut ini beberapa karakteristik penting di dalam proyek Wikipedia:

Perkembangan jumlah artikelSunting

Sejak resmi diluncurkan pada tanggal 15 Januari 2001, Wikipedia bahasa Inggris telah mengalami perkembangan jumlah artikel yang luar biasa. Tanggal 21 Januari 2003, jumlah artikel yang dimiliki telah mencapai 100.000 buah, kemudian pada tanggal 1 Maret 2006, telah memiliki 1.000.000 artikel. Angka ini terus bertambah menjadi 2.000.000 artikel pada tanggal 9 September 2007 dan menembus angka 5.000.000 artikel pada tanggal 1 November 2015.

Elektron adalah artikel pertama Wikipedia bahasa Indonesia yang dibuat pada tanggal 30 Mei 2003. Pada awal 2009, jumlah artikel bertambah mencapai angka 100.000 dan pada akhir 2012 mencapai 200.000 artikel.

Secara keseluruhan, Wikipedia dalam seluruh bahasa mencapai jumlah 1 juta artikel pada bulan September 2004 dan kemudian terus menanjak hingga lebih dari 38 juta artikel pada tahun 2015.

Basis data yang dapat diunduhSunting

Setiap orang yang ingin menggunakan isi bebas Wikipedia, kapan pun, dapat mengunduh artikel yang mendekati versi terbaru di dalam pangkalan data untuk tujuan bebas, dengan syarat LDBG.

Beberapa lokasi, seperti Wikinfo, thefreedictionary.com, 4reference, dan nationmaster telah membuat salinan (mirroring) dan membuat 'data turunan' (forking) dari isi Wikipedia.

Setiap orang berkontribusiSunting

Isi Wikipedia dapat diciptakan oleh penggunanya. Pengunjung di Wikipedia juga dapat mengubah artikel, dan banyak yang melakukannya. Halaman-halaman selalu diubah, jadi, tidak ada artikel yang pernah selesai. Dan karena itu pula di Wikipedia sering terjadi "kesulitan" yang unik. Tetapi ia pun memiliki sistem "memperbaiki sendiri" atau otomatis.

PerusakanSunting

Salah satu wacana utama di dalam Wikipedia adalah "perusakan" atau vandalisme; kekonyolan atau menyinggung artikel situs web ini. Ada banyak orang yang melakukannya hanya demi mendapatkan pengalaman mengubah halaman internet.

"Karena Wikipedia adalah proyek radikal yang bebas dan terbuka, ia menarik unsur anarkis," pengakuan Larry Sanger kepada Wired News. "Untungnya, banyak dari kita yang berkeinginan untuk bertahan terhadap perusakan... dan menyingkirkannya dengan segera."

KeistimewaanSunting

Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, Wikipedia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah spesialis, dan topik-topik berita yang masih hangat. Banyak orang yang menggunakan Wikipedia ini untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan rumah.

Perangkat kerasSunting

 
Server-server Wikimedia di Carrollton.

Wikipedia dijalankan dengan memakai perangkat lunak MediaWiki oleh server-server milik Yayasan Wikimedia. Sampai dengan 13 Mei 2006 Wikipedia dan proyek-proyek Wikimedia lainnya dijalankan oleh 175 server yang terletak di 4 lokasi berbeda yaitu di Tampa, Florida-Amerika Serikat, Paris-Prancis, Amsterdam-Belanda, serta di lokasi Yahoo!. Pada Januari 2013 server Wikipedia dipindahkan ke Ashburn, Virginia.

Perincian server menurut lokasinya adalah sebagai berikut (per Mei 2019):<ref>"Clusters - Wikitech". wikitech.wikimedia.org. </ref>

  • Ashburn, Virginia, Amerika Serikat:
    • Server utama untuk layanan aplikasi
  • Carrollton, Texas, Amerika Serikat:
    • Server utama untuk layanan aplikasi
  • Amsterdam, Belanda:
    • Server caching wilayah Eropa
  • San Francisco, Kalifornia, Amerika Serikat:
    • Server caching wilayah Amerika Utara
  • Singapura:
    • Server caching wilayah Asia

Logo WikipediaSunting

Popularitas dan penghargaanSunting

 
Jimmy Wales ketika menerima Quadriga Award kategori A Mission of Enlightenment

Setiap bulan, terdapat lebih dari 18 miliar kunjungan halaman (page view) dan lebih dari 500 juta ID unique visitor yang mengakses Wikipedia. Dengan jumlah ini Wikipedia hampir menyaingi kepopuleran situs web Yahoo, Facebook, Microsoft dan Google.<ref>Cohen, Noam (9 Feb 2014). "Wikipedia vs. the Small Screen" – via NYTimes.com. </ref> Pada Januari 2016, Wikipedia menjadi situs web terpopuler ketujuh di dunia.<ref>"wikipedia.org Competitive Analysis, Marketing Mix and Traffic - Alexa". www.alexa.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-25. Diakses tanggal 2019-01-05. </ref> Wikipedia juga telah meraih apresiasi luas di tingkat Internasional, hal ini dibuktikan dengan penghargaan-penghargaan berikut:

Lihat pulaSunting

ReferensiSunting

<references group="" responsive="0"></references>

PustakaSunting

Buku tentang WikipediaSunting

Templat:Refbegin

Pranala luarSunting

Templat:Sister project links